Jenis Teman Maya yang Perlu Diwaspadai


Memiliki banyak teman memang menyenangkan. Siapa sih yang tidak suka berteman? Kita bisa bercanda dan tertawa untuk melepaskan kepenatan. Bahkan jika kita menemukan teman yang tepat, kita bisa memiliki tempat curhat saat terkena masalah.
Tapi memilih teman yang tepat tentu tak mudah. Alih-alih ingin mendapatkan kesenangan dengan berteman. Kita justru mendapatkan masalah. Karena itulah kita harus hati-hati memilih teman di dunia maya. Ada beberapa teman yang justru berpotensi menjadi musuh. Dari luar terlihat menyenangkan, baik hati, ramah, perhatian dan mampu memahami kita. Tapi ternyata dengan berlalunya waktu, kita malah justru merasa terbebani menjadi temannya. Semakin lama si teman semakin terasa mengganggu kehidupan kita di dunia nyata, membuat beban emosi kita bertambah dan membuat kita mendapatkan masalah.
Karena itulah diperlukan kejelian kita untuk memahami berbagai karakter seseorang. Jangan sampai kita memilih karakter teman yang justru akan menjerumuskan kita dalam masalah.
Berikut beberapa karakter yang membutuhkan sikap kehati-hatian kita dalam hubungan pertemanan (dari berbagai sumber) :
1.    Bermuka dua
Jenis teman seperti ini sangat mudah terlihat. Di satu sisi dia selalu memuji dan menyanjung kita. Selalu berusaha membuat kita senang. Tapi di sisi lain dia selalu membicarakan keburukan teman lain yang kita kenal dengan dekat.
Nah jenis teman yang satu ini sebaiknya kita hindari. Karena bukan tak mungkin dia akan berbuat yang sama pada kita. Menceritakan keburukan kita pada teman yang berbeda. Dan tentu saja itu hanya akan membuat masalah. Jadi berteman saja secara wajar. Dan hindari membicarakan orang lain dengannya.
2.    Pengkhianat
Jenis karakter ini adalah jenis yang suka menceritakan rahasia orang lain dengan begitu mudah. Kenali karakternya saat berinteraksi dengan kita. Jika dia sering membicarakan rahasia orang lain di depan kita, maka dia bisa kita golongkan sebagai jenis pengkhianat.
Hati-hati berteman dengannya. jangan ceritakan apapun yang menjadi rahasia kalian. Karena ditangannya sebuah rahasia hanya akan menjadi konsumsi publik dalam waktu singkat. Silahkan berteman sebatas bersenang-senang. Tanpa curhat!
3.    Kompetitor
Karakter yang tampak nyata pada tipe kompetitor adalah saat dia selalu menginginkan menjadi pusat perhatian. Selalu tak ingin dikalahkan. Tak mau tertinggal. Dia akan selalu mencari kesempatan untuk menunjukkan diri bahwa dialah yang akan mendapatkan apapun yang kalian inginkan. Berteman saja secara wajar dengannya. tak perlu berakrab-akrab. Kecuali kalian juga memiliki sifat kompetitor yang sama.
4.    Pengecut
Tipe teman ini akan selalu melibatkan kita dalam setiap masalah yang dihadapinya. Meminta kita untuk membelanya. Tapi saat kita terlibat masalah karenanya, maka dia akan diam tanpa mau ikut membantu kita.
Jangan turuti semua pancingannya. Berusaha menahan diri saat dia terus memancing kita untuk ikut ambil bagian dalam masalahnya.
5.    Pecundang
Tipe pecundang adalah tipe yang paling buruk diantara tipe lainnya diatas. Sifat-sifat seorang pecundang adalah :
·         Suka berbohong – bahkan untuk hal-hal kecil, dan jika kebohongannya terbukti, dia selalu punya cara untuk berkelit. Kadang dia sendiri mempercayai kebohongannya sendiri.
·         Memiliki sifat manipulasi – sering memutar balikkan fakta. Bahkan cenderung tak tahu malu. Meski banyak orang tahu apa yang sebenarnya terjadi dia tetap menyebarkan informasi yang tak sesuai fakta. Tak perduli meski dirinya sadar telah mempermalukan dirinya sendiri di depan khalayak.
·         Suka menuduh – biasanya ini dilakukan saat kebohongannya terbukti atau saat dia merasa terjepit. Tapi jika seseorang meminta bukti atas tuduhan-tuduhan yang disematkannya maka tipe pecundang akan selalu berkelit, mengumbar kebohongan-kebohongan lain, menyematkan kembali tuduhan-tuduhan tanpa bukti dan memutar balikkan fakta yang justru mempermalukan dirinya sendiri.

Karakter 1-4 diatas bukan karakter yang harus benar-benar kita hindari. Hanya berpikirlah ulang saat ingin menjadikannya sahabat. Hanya karakter kelimalah yang harus kita hindari jauh-jauh. Bahkan jika mungkin jangan sampai kita bertemu dengan karakter teman tipe pecundang. Tak ada kebaikan yang bisa kita dapatkan dari teman tipe pecundang. Menghindar adalah pilihan yang tepat!
Oh ya, satu tambahan tipe teman yang juga pantas kita hindari. Yaitu seseorang yang memiliki pasangan pencemburu!
Seseorang yang memiliki pasangan pencemburu hanya akan menyusahkan kita dalam pergaulan dunia maya. Karena bagaimanapun kita bersikap, sebaik apapun kita menempatkan posisi kita dalam pertemanan tetap saja akan tampak salah di mata pasangannya yang cemburuan.
Nah! Daripada capek hati terus dicurigai mending kita menjauh dan kalo perlu tak berinteraksi. Karena tipe teman yang memiliki pasangan pencemburu hanya akan membuat kita malu! Orang yang saat kecemburuannya meletus sering tak bisa berpikir jernih dan tak memikirkan harga dirinya di ruang publik. Jadi jauh-jauh dech! Mending jika si teman memang pantas dijadikan teman.
Lha kalo si temannya sendiri memiliki karakter pecundang, pengecut dan bermuka dua, buat apa kita capek-capek menghabiskan waktu untuk melayaninya. Mengabaikan keduanya adalah langkah yang tepat! 
Benar begitu? Qiqiqiii.. entahlah..toh ini opini pribadi. Saya tulis berdasarkan pengamatan sehari-hari di dumay yang crowded ini. Boleh jadi pengamatan kita berbeda..atau bahkan mungkin ada tipe lain yang luput dari pengamatan saya. Jadi yaaa..maklumi saja..hehehehee

Salam hangat,
Rinzhara



Tidak ada komentar:

Posting Komentar